21 Agustus 2019 17:07:43
Ditulis oleh Admin

Dinas Perpustakaan Kearsipan memberikan pendampingan Perangkat Desa Mlangi

mlangi-widang.desa.id – Selasa (20/08/2019) Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Tuban telah memberikan pendampingan dan pelatihan kearsipan kepada semua Perangkat Desa Mlangi di Balai Desa Mlangi. Hadir juga Kepala Desa Mlangi (Siswarin) yang ikut menerima pembekalan tata kelola kearsipan tersebut.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Mlangi dan dilanjutkan dengan sambutan dari Tim Kearsipan Kabupaten Tuban. “Selamat datang Tim Kearsipan Kabupaten Tuban semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi Desa Mlangi”, terang Kepala Desa Mlangi. Dan juga menerima dengan senang hati kedatangan Tim Kearsipan dari Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten Tuban yang dipimpin oleh Ibu Sri Wigatin.

Disambung Ibu Sri Wigatin dalam sambutanya, akan memberikan pembinaan sampai tuntas baik arsip secara umum maupun berupa arsip vital desa, sehingga bisa tertata dengan baik. Bahkan pendampingan kearsipan sampai seumur hidup.

Dijelaskan juga bahwa untuk program Bimtek kearsipan yang ditujukan kepada Sekretaris Desa sudah ditiadakan oleh Bupati Tuban karena dirasa kurang memberikan dampak yang signifikan terhadap tata kelola arsip desa. Sehingga Dinas Perpustakaan Kearsipan mendapatkan tugas untuk memberikan pendampingan langsung ke desa yang mendapatkan rekomendasi dari Kecamatan desa tersebut.

Pembinaan pada hari kemarin di ikuti seluruh perangkat desa Mlangi dengan dibagi menjadi tiga tim yang nantinya setelah selesai pembinaan dari masing - masing tim dapat saling berkolaborasi dan berbagi ilmu untuk selanjutnya diaksanakan di desa.

Tim satu yang dibimbing Ibu Sasmiyati memberikan bimbingan untuk arsip aktif di Tahun 2019, yang diikuti Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kaur TU dan Umum. Tim dua ditujukan bagi perangkat desa lain termasuk kasi, kaur dan kadus tentang pengarsipan arsip inaktif Tahun 2018 kebawah. Dan Tim terakhir yang dibimbing Ibu Sri Wiganti khusus memberikan pendampingan pada Kaur Keuangan yang juga Bendahara Desa mengenai semua arsip SPJ.

Materi terakhir yang diberikan dari Dinas Perpustakaan Kearsipan adalah pengoperasian aplikasi Silantip yang diberikan kepada Kasi Pemerintahan. Aplikasi ini yang nantinya akan memberikan kemudahan dalam menata dan mengelola arsip desa, sehingga nanti dalam pencarian arsip yang dibutuhkan akan bisa mudah ditemukan dalam waktu 2 menit. Admin (21/08).


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus